Sabtu, 18 Juni 2011

Pidato Perpisahan

Yang terhormat, bapak pimpinan PMDH
Yang terhormat, para wali santri
Yang terhormat, dewan guru
Yang terhormat, para tamu undangan dan segenap santri se-Daarul Hikmah

Asalaamu’alaikum Wr. Wb

Segala puja dan puji syukur hannya terlimpahkan kehadirat illahi rabbi, karnanya lah kita semua berada dalam naungan rahmatnya yang amat luas, lebih luas dari dosa manusia.
Salawat beserta salam, semoga tetap tercurahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW yang telah membuktikan kepada seluruh jagad raya bahwa dunia telah mendapatkan cahaya. Cahaya yang penuh dengan ridho illahhi.

Tanpa terasa, perjalanan panjang telah kami tempuh dengan jerih payah yang tidak sedikit. Perpindahan waktu dari detik ke menit, hari ke minggu, bulan ke tahun, genaplah tiga sampai enam tahun lamanya, waktu yang tidak sedikit untuk kami tempuh yang penuh dengan krikil-krikil tajam yang memilukan, tikungan-tikungan yang sulit ditebak, tanjukan dan turunan yang terjal, dan halangan-halangan yang lainnya yang siap menghadang kami, dengan izin allah semua menjadi pengasah kami, pelatih kami yang tangguh untuk menjadi manusia super dihadapan manusi dan tentunya mudah-mudahan dihadapan sang pencipta, Allah Rabb. Dan, saat inilah saat di mana kami semua akan disematkan tanda lulus dari tempat yang mulia, tempat penggembleng siswa,tempat menempa ilmu, tempat di mana para guru mmenuang kan segala jiwa untuk menggiring siswanya menuju kesuksesan dan ridho Illahi.

Di pondok inilah kami belajar memahami hakikat diri ini, di sini pulalah kami belajar menumbuhkan cinta ilmu, cinta akan kedamaian yang sungguh belum tentu kami dapatkan di tempat lain. Di samping itu, kami juga banyak belajar dan melihat keikhlasan kiyai kami, para ustadz dan guru kami, kami seakan di setrum dengan keikhlasan mereka dalam mendidik kami dan mentransfer ilmu dan pengalaman. Maka dari itu izinkanlah kami untuk berterima kasih kepada ayahanda KH. Afif Afify yang telah rela mengorbankan waktunya, hartanya untuk membimbing kami, mendidik kami. Ucapan terima kasih yang tak terhingga, akan selalu kami ucapkan untuk beliau. Terima kasih juga kami sampaikan kepada dewan asatidz yang denagna segaala keridhoan dan keikhlasan mereka teelah mengantarkan kami kepada gerbang pengetahuan dan ilmu. Dan yang terakhir, yang paling kami sayangi dan cintai, mereka adalah kedua orang tua kami, yang dengan segenap keikhlasan mereka telah memberikan kami bukan saja waktu, bahkan jiwa dan raga mereka korbankan untuk kami. Siang dan malam orang tua kami bekerja, membanting tulang, peras keringat, hanya untuk kesuksesan kami dalam menimpa ilmu. Terima kasih wahai orang tua yang paling ku sayangi, ayah, ibu..

Hadirin yang di rahmati Allah…
Manusia tidak pernah lupuut dari salah dan dosa. Dan mungkin, bahkan pasti selama kami dididik di pondok ini banyak sekali melakukan kesalahan, khilaf dann dosa, baik yang disengaja maupun tidak. Maka dari itu izinkanlah kami untuk memohon maaf atas segala keebidohan kami, kekhilafan kami, kesalahan kami, baik yang nampak di mata ataupun tidak.
Mungkin dlam perjalanan kami dlam menuntut ilmu di pondok ini, banyak sekali membuat para ustadz dan ustadzah atau bahkan pembantu di sini jengkel, tidak senang dan segala hal yang sulit diterima dengan baik, denga n segala kerendahan hati kami, kami mohon dengan sangat untuk memaafkan kami, dan do’akan kami, mudah-mudahan kami senantiasa dalam mengamalkan ilmu pengetahuan yang kami dapat dari sini tidak mengalami kesulitan, dan mudah-mudahan ilmu kami senantiasa menjadi berkah dan manfaat. Amin.
Untuk adikk-adik kelas kami yang akan kami tinggalkan, kami menitipm pesan; perkuat lah jiwa berjuang, jiwa berkorban, dan kokohkan pendirian untuk menatap masa depan yang cerah.

“ ilaallahi nasykuu anna fiina maruuman nan’tahi bihi ila husnil khitam”

Hanya kepada Alllah sajalah kita berkeluh kesah dan berharap bah wa dalam diri kita terdapat harapan dan cita-cita untuk menjadi manusia yang berakhir dengan pengakhiran yang baik.

Hanya ini yang dapat kami sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading !! left your comment, please..

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Labels

Islam Ornamental Art