Selasa, 02 November 2010

Khazanah Cinta




Hey….science lover hal a’roftum ??? dalam bahasa arab, cinta diungkapkan dalam berbagai macam kata dengan pengertian yang berbada-beda secara substansial dan kontekstual. Kata-kata cita tersebut diantara :

 MAHABBAH
Secara etimolois, “ Al-Hubb ” (cinta) adalah bentuk generik dari “ Al-Habb ” yang berarti inti hati. Al-Hujwiri dalam kasyf al-mahjub mengatakan bahwa kata mahabbah berasal dari kata habbah, berarti “ benih-benih yang jatuh dipadang pasir.” Diartikan demikian karena memang cinta adalah sumber kehidupan.

 WILAYAH
Salah satu arti wilayah dan derivasinya, seperti wila’ adalah kecintaan dan keberpihakan. Kata wali, yang sering disandangkan pada orang sholeh berasal dari kata wilayah dan walayat ( dalam bahasa Persia ), karena wali berarti kekasih.
 ‘ISYQ
Adalah an-Nuri ( wafat 907 M ). Seorang sufi yang pertama kali memperkenalkan istilah ‘isyq untuk melengapi istilah mahabbah. Menurut Rumi, ‘isyq adalah mahabbah yang tak terbilang banyaknya. Dalam beberapa literatur tasawuf, ‘isyq diilustasikan sebagai “ cinta majasi ” yang diharapkan menjadi eskalator menuju menara “ cinta sejati ”.
 SYAUQ
Syauq berarti kerinduan. Menurut Mulla Sadra, syauq adalah kecenderungan yang berlebihan dalam mencari kesempurnaan. Sesuatu yang pada hakikatnya tidak ada, tidak memiliki gambaran apapun karna ia tidak mungkin dicari. Dan adalah mustahil bila seseorang mamiliki syauq terhadap sesuatu yang keberadaannya punmustahil secara mutlak.
 MAWADDAH
Mawaddah berasal dari kata wudd yang berarti Al-Hubb Al-Katsir ( cinta yang deras ). Menurut pakar leksikografi al-Qur’an, Ar-Raghib Al-Isfahani, bila mahabbah hanya sebatas kasih yang tersembnyi dalam lubuk hati seorang insan, maka mawaddah lebih dari itu.
 RAHMAH
Kata rahmah berasal dari kata rahm, yang brarti rasa kasih yang mendorong munculnya perbuatan baik terhadap yang dikasihi. Maka perut ibu disebut “ rahim ” karena didalamna kasih ibu tercurah kepada janin tanpa mengharap imbalan.
 UNS
Uns berarti kenikmatan ( kemestraan ) saat sedang bersama dengan kekasih, Allah Swt. Imam Ali Bin Abi Tholib pernah berkata, “ ketahuilah, Allah mempunyai hembsan dihari-harinya.” Itu berarti bahwa setiap hari Allah memberikan hembusan kepada kita.
 ULFAH
Katab ulfah berasal dari kata kerja alifa, yang berarti mencintai. Ia mewakili subjek ( pecinta ). Kata benda ilf mewakili objek ( yang dicintai, kekasih ). Sedangkan kata allafa berarti “ memadukan ”. menurut ad-Dailami, kata krja allafa lebih signifikan karena secara harfiah lebih mencakup kedua belah pihak, pecinta yang dicintai.
Selain istilah-istilah diatas, ada sejumlah kata dalam bahasa arab yang juga memberikan signifikasi arti yang sama, seperti ra’fah dan luthf . [red]

sumber : pacaran setengah halal setengah haram

1 komentar:

Anonim mengatakan...

cinta memiliki khazanah yang indah...

Posting Komentar

Thank you for reading !! left your comment, please..

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Labels

Islam Ornamental Art